10 Desain Logo Mobil Terbaik di Dunia dan Berikut Artinya
Industri otomotif memiliki
sejarah yang panjang dan penting tentang inovasi dan gaya, termasuk juga dengan
sederet logo produsen mobil yang ada di dalamnya. Walau kini beberapa dari
mereka ada yang mengalami kesulitan finansial, namun mereka masih tetap yang
terbesar dalam perjalanan panjang sejarah perkembangan otomotif dunia.
Logo mengandung sejuta makna dan
seringkali menjadi inspirasi bagi sebuah loyalitas bagi para pelaku di dunia
otomotif. Berikut ini adalah 10 logo mobil terbaik dunia, yang menunjukkan
efektifitas dan 'kecemerlangan' mereka.
10. Opel
Namun kini, di dunia otomotif,
gambar kapal itu berubah menjadi kunci berbentuk halilintar, yang akan terus
dipertahankan walaupun metode utama transportasi berubah seiring perkembangan
jaman. Logo ini bermakna kecepatan dan juga keanggunan.
9. Volvo
Simbol ini juga merepresentasikan
'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur
keselamatan. Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat
industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.
8. Land Rover/Range Rover
7. Audi
Ketika mendiskusikan nama
perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut
ruangan menanyakan arti 'audiatur et altera pars' (bukankah ide bagus untuk
menyebutnya Audi bukannya Horch?) Kata ‘Horc’ adalah singkatan dari kata
'mendengar' dalam Bahasa Jerman.
Sementara Audi adalah kata latin
yang juga berarti 'mendengar'. Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni,
Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.
Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan
empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat
ini.
6. Elfin
Di saat para pembuat mobil
memilih untuk menggunakan simbol dan sejarah sebagai tema logo-logo mereka,
Elfin memilih sketsa wajah dari peri (Elf) yang memancarkan kebahagiaan.
Lingkaran yang melingkupinya
bukan mendeskripsikan sebuah roda, melainkan sebagai simbol sebuah
'keikutsertaan'. Logo yang mudah dikenali ini menghantarkannya meraih
penghargaan.
5. Alfa Romeo
4. Smart
3. Subaru
Logo enam bintang yang sekarang
dipakai sebagai identitas perusahaan Fuji Heavy Industries pertama kali dipakai
pada mobil Subaru 360 produksi tahun 1958. Pencipta logo Subaru adalah desainer
industri Tatsuzō Sasaki yang juga bertanggung jawab atas desain dasar Subaru
360.
Logo setelah itu sempat
diperbaiki beberapa kali. Walaupun posisi bintang pada logo sudah tidak lagi
mengikuti susunan bintang yang sebenarnya dalam Pleiades, logo Subaru tetap
menggunakan 6 buah bintang (1 besar dan 5 kecil).
2. BMW
Desain tersebut dirancang untuk
terlihat seperti sebuah ilusi optical saat seseorang melihat dari sisi depan
baling-baling pesawat yang tengah berputar.
1. Toyota
Dari kejauhan, logo Toyota mirip
huruf 'T' yang berarti 'Toyota'. Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil
Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan
menyerupai huruf ‘T’ merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling
mempercayai antara pelanggan dan Toyota.
Latar belakang oval yang lebih
besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas
bagi perusahaan untuk terus maju.
ternyata di balik logo yang cukup rumit, juga tersimpan makna yang mendalam ya
BalasHapusnice post :D
silahkan kunjungin balik kalau berkenan:
http://ayokepo.blogspot.com/